19.21   BagusLabs®™   , , , ,    No comments
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menargetkan migrasi kartu ATM dan debet dengan teknologi chip selesai pada 31 Desember 2015. Mulai Maret 2011, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) dan PT Bank Permata Tbk telah siap untuk uji coba penggunaan kartu ATM dan debet berbasis chip.

"Dari BI sendiri peraturan sedang digodok di mana nantinya selesainya kita harapkan di 31 Desember 2015 jadi di 1 Januari 2016 seluruh kartu debet berbasis chip sudah semua dan sudah bisa diwajibkan," ujar Kepala Biro Sistem Pembayaran Aribowo ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (7/3/2011).

Menurut Aribowo, bank sudah bisa melaksanakan uji coba pada Maret 2011 ini walaupun saat ini standar chip internasional untuk perbankan di Indonesia masih harus disertifikasi terlebih dahulu.

"Ada sedikit kendala, yakni sertifikasi standar chip internasional dimana harus ada yang di audit terlebih dahulu. Harus complai kepada standar internasional itu sedang di godok. Tapi mudah-mudahan nanti di Juni 2011 sudah keluar standarnya dan saat ini bank sudah bisa memulai dari sekarang, bisa sambil jalan," ungkapnya.

Lebih jauh Aribowo mengatakan, BI mendorong agar biaya investasi lebih ringan maka pengadaan kartu chip ini dilakukan secara bersamaan oleh perbankan. Sehingga, lanjut Aribowo bank dapat mendapatkan harga yang paling baik ketika dilaksanakan secara bersama-sama.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terdapat 3 bank yang sudah mempersiapkan diri untuk melakukan migrasi di Maret 2011.

"Yakni BCA, Mandiri dan Bank Permata. Rencananya pada bulan Maret ini dimulai," tuturnya.

Sebelumnya, BI mendorong industri perbankan nasional untuk segera menerapkan implementasi kartu debet khususnya kartu ATM yang berbasis chip. Ini untuk mencegah pembobolan ATM yang dahulu sempat terjadi di awal 2010.

Namun, karena kartu debet volumenya cukup besar BI belum memberikan jangka waktu khusus bagi bank-bank dalam menerapkan kartu debet berbasis chip tersebut.


( dru / fyk )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts