KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Jumat, 04 Maret 2011

Android 'Asapi' Apple & BlackBerry

Washington - Balapan antara Google Android, Apple iOS dan BlackBerry kian seru. Ketiga sistem operasi ponsel cerdas tersebut terus berusaha merebut tahta kekuasaan dan di Amerika Serikat (AS), Android merangsek di posisi terdepan, mengasapi kompetitornya.

"Untuk pangsa pasar consumer, Android (29%) tampak berada di depan RIM BlackBerry (27%) dan Apple iOS (27%)," demikian laporan terbaru dari biro riset Nielsen mengenai market share OS mobile di negeri Paman Sam.

Sistem operasi lain agaknya hanya jadi penggembira saja. Perangkat genggam berbasis Windows misalnya, cuma memiliki 10% market share. Lalu HP punya pangsa pasar 4%. Sedangkan Symbian hanya diminati sekitar 2% konsumen di AS.

Studi ini memang tidak berdasarkan jumlah unit terjual, namun berdasarkan survei kepemilikan ponsel pada sekitar 14 ribu orang. Nielsen menyatakan angka yang didapat cukup mewakili pendapat masyarakat setempat mengenai OS yang mereka sukai.

Akan tetapi jika dilihat dari penjualan, Apple dan BlackBerry tetap di posisi teratas karena mereka menjual sendiri handsetnya. Sedangkan seperti diketahui, smartphone Android dijual oleh bermacam-macam pabrikan.

Dari beragam pabrikan yang memasarkan handset Android di AS, HTC mencetak jumlah penjualan terbanyak dengan cakupan 12% dari seluruh ponsel robot hijau yang terjual. Berikutnya seperti dilansir PCMag dan dikutip detikINET, Jumat (4/3/2011), ada Motorola dan Samsung, masing-masing dengan raihan 10% dan 5%.

Di ranah global sendiri, Android baru-baru ini telah menjungkalkan Symbian sebagai OS terpopuler. Ini terjadi setelah pada kuartal IV 2010, serbuan ponsel Android sukses mengalahkan pasokan ponsel Symbian.

( fyk / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages