KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Jumat, 21 Januari 2011

Apa Saja 'PR' RIM untuk Sensor BlackBerry?



Jakarta - Metode Research In Motion (RIM) untuk melakukan penyensoran di Blackberry dengan memanfaatkan DNS Nawala diklaim sudah tepat. Namun, masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang seharusnya diselesaikan RIM.

Menurut Irvan Nasrun, praktisi internet dan Ketua Bidang Domain Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), RIM seharusnya menganalisa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan Nawala.

"Keputusan RIM memilik Nawala sudah tepat, tapi apakah RIM sudah melakukan analisa efek negatif yang ditimbulkan? Sudahkah RIM melakukan audit terhadap DNS Server Nawala?" ujar Irvan.

Selain itu Irvan juga menambahkan, meski sistem keamanan Nawala sudah baik namun RIM seharusnya menggunakan filtering yang sesuai dengan kapasitasnya sebagai perusahaan besar.

"Sistem keamanan Nawala memang sudah bagus, namun itu sebenarnya dirancang untuk warnet, bukan perusahaan besar seperti RIM. Lagi pula Nawala itu kan dikembangkan oleh komunitas dengan dana terbatas, jadi sistem keamanannya tidak bisa disamakan dengan perusahaan besar," tandas Irvan, kepada detikINET Jumat (21/1/2011).

Irvan sebelumnya sempat menerka-nerka mengenai efek negatif yang bisa ditimbulkan dengan modus yang digunakan RIM. Menurutnya, hacker bisa saja menyerang dan memanfaatkan server Nawala untuk melakukan kejahatan cyber seperti pencurian identitas, memata-matai dan aksi tipu-tipu lainya. ( eno / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages