20.44   BagusLabs®™   ,    No comments


Jakarta - Metode Research In Motion (RIM) untuk melakukan penyensoran di Blackberry dengan memanfaatkan DNS Nawala diklaim sudah tepat. Namun, masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang seharusnya diselesaikan RIM.

Menurut Irvan Nasrun, praktisi internet dan Ketua Bidang Domain Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), RIM seharusnya menganalisa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan Nawala.

"Keputusan RIM memilik Nawala sudah tepat, tapi apakah RIM sudah melakukan analisa efek negatif yang ditimbulkan? Sudahkah RIM melakukan audit terhadap DNS Server Nawala?" ujar Irvan.

Selain itu Irvan juga menambahkan, meski sistem keamanan Nawala sudah baik namun RIM seharusnya menggunakan filtering yang sesuai dengan kapasitasnya sebagai perusahaan besar.

"Sistem keamanan Nawala memang sudah bagus, namun itu sebenarnya dirancang untuk warnet, bukan perusahaan besar seperti RIM. Lagi pula Nawala itu kan dikembangkan oleh komunitas dengan dana terbatas, jadi sistem keamanannya tidak bisa disamakan dengan perusahaan besar," tandas Irvan, kepada detikINET Jumat (21/1/2011).

Irvan sebelumnya sempat menerka-nerka mengenai efek negatif yang bisa ditimbulkan dengan modus yang digunakan RIM. Menurutnya, hacker bisa saja menyerang dan memanfaatkan server Nawala untuk melakukan kejahatan cyber seperti pencurian identitas, memata-matai dan aksi tipu-tipu lainya. ( eno / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts